INTRODUCE
My name HARIANTO from East Java, Madiun city and Demangan Villages

Kamis, 04 September 2008

bUKU pANDUAN mEMANDU pRAMUKA LuAR bIASA

Secara umum orang yang tidak tahu pramuka mungkin mengartikan Pramuka Luar Biasa adalah seorang Pramuka yang memiliki Prestasi tentunya dalam bidang kepramukaan atau prestasi di bidang lainnya.

Arti sebenarnya Pramuka Luar Biasa dalam dunia kepramukaan adalah
anggota Gerakan Pramuka yang berkelainan (berkebutuhan khusus)atau istilah inggrise "disable" sorry kalo salah.

Di Indonesia peserta didik anggota Gerakan Pramuka yang mempunyai kecacatan tersebut dibagi menjadi 5 golongan kecacatan terdiri atas :
1. Pramuka Luar Biasa Tunanetra (Golongan A)
2. Pramuka Luar Biasa Tunarungu (Golongan B)
3. Pramuka Luar Biasa Tunagrahita (Golongan C)
4. Pramuka Luar Biasa Tunadaksa (Golongan D)
5. Pramuka Luar Biasa Tunalaras (golongan E).

Kita sebagai manusia yang tentunya diberi kelengkapan harus bersyukur dan tentunya juga tidak memandang mereka remeh, mereka juga makhluk Tuhan seperti kita. dan banyak juga mereka yang memiliki kekurangan mampu bertahan hidup lebih baik dibanding dengan kita yang normal.

tanggal 29-31 Agustus 2008, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dikomandani oleh Waka Kwarnas Bidang Diklatpram menyusun Buku Panduan Membina Pramuka Luar Biasa di Ruang Kartini I - Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kak Anang Suparman, Andalan Nasional Urusan Pramuka Luar Biasa, beberapa narasumber dari kelima kecacatan, dan dari Staf Kwarnas. Allhamdulillah kegiatan konsiyir draft buku tersebut berjalan lancar dengan hasil 90 % .

Oh ya disela-sela kegiatan tersebut ada cerita dari Kak Trisno saat bertugas dalam permainan KIM CIUM di Pertemuan Pramuka Luar Biasa yang lalu.

Oh ya KIM adalah salah permainan dalam kepramukaan. KIM ada beberapa kategori terdiri atas KIM CIUM, KIM RABA, KIM LIHAT, KIM RASA.

Nah dalam cerita ini Kak Trisno mengintruksikan ke salah adik Tunalaras (Tunalaras adalah peserta didik yang mempunyai gangguan mental).
Rupanya Kak Trisno ini iseng menarik tangan adik tersebut dan dimasukan ke dalam kaleng yang isinya minyak tanah selanjutya si adik disuruh mencium (rupanya adik tersebut tidak suka dengan keisengan Kak Trisno). Selanjutnya terjadilah dialog :

Kak Trisno : adik coba sebutkan apa nama yang barusan adik cium?
Adik : minyak tanah kak, jawabnya
Kak trisno : sebutkan apa kegunaannya?
Adik : mungkin karena si adik masih menyimpan kejengkelan tanpa di duga dengan spontan dan lantang adik tersebut menjawab "untuk membakar kakak !!!!......".


Spontan kakak-kakak pembina maupun penonton yang ada disekitar permainan tersebut tertawa terbahak-bahak dan mengejek kak trisno tentunya. Yach kita harus memaklum namanya juga anak dari Tunalaras.

2 komentar:

Weebee mengatakan...

assalamualaikum kakak
apakah memilikin SKU khusus utk pramuka Luar biasa
jika punya mohon d share di link blog ini atau k email sy yan kak, qesi@rocketmail.com
trims

MELIS Grafis mengatakan...

Kakak bisakah kami mendapatkan bukunya?
File jugsa boleh.
Dari SLBN KAMPAK TRENGGALEK

rencana Alloh itu Indah

sWeeT MeMorY...... "NostalGia SMA"