INTRODUCE
My name HARIANTO from East Java, Madiun city and Demangan Villages

Selasa, 23 Desember 2008

Dua hari terkapar di tempat tidur

mulai hari minggu malam, aku dapat cobaan dari Tuhan berupa sakit perut yang tak kunjung reda sampai keesokan harinya. Otomatis semalaman aku tidak bisa tidur karena merasakan pegal dan sakit di pinggangku sebelah kanan. Ini semua bermula ketika aku dari siang tidak makan nasi, waktu menjelang malam kebetulan perasaan haus istri datang membawa tea yang botolan dari lemari es, kontan aku bilang minta dong, kata istriku ini. Langsung kutenggak tuch tea dingin beberapa kali tegukan. Enak... seger yang kurasakan. Ee.... lama-lama kok perutku ini melilit-lilit, panas, pegal, campur aduk. Ampun.. semalaman aku tidak bisa tidur. Akhirnya istriku ngerokin aku, hasil kerokan emang hitam-hitam warnanya, mungkin masuk angin ganteng.

Jumat, 19 Desember 2008

character building



Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merasakan pentingnya Gerakan Pramuka dalam pembentukan watak serta pembentukan sifat kepemimpinan. Oleh karena itu, dalam pertemuannya dengan Perwakilan Peserta Munas Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, di Istana Negara pada hari Kamis (18/12) pagi, Presiden SBY setuju akan adanya Gerakan Revitalisasi Pramuka.


Menurut Presiden SBY, Pramuka adalah suatu wahana pelatihan yang mengarah kepada pembentukan watak atau character building dan pelatihan pembentukan sifat kepemimpinan leadership training. "Dengan adanya dua karakter ini, maka bangsa Idonesia akan menjadi bangsa yang unggul, karena tidak mudah menyerah, tidak mudah gamang, tidak pesimis dan tangguh dalam menghadapi tantangan, katanya.Apabila Revitalisasi Gerakan Pramuka ini dilaksanakan dengan baik, maka dalam waktu 5 tahun lagi, bangsa Indonesia akan memiliki generasi bangsa yang tanggung dan tidak cengeng. "Kita memiliki pemimpin yang bersemangat, bertanggung jawab tinggi, turun ke lapangan, dapat mengambil keputusan, siap mengambil resiko tidak populer, turun ke daerah bencana, dan lain sebagainya," kata SBY. Oleh karena itu, menurut SBY, diperlukan wahana yang tepat untuk melatih pembentukan karakter semacam itu.

Gerakan Pramuka, merupakan solusi yang tepat untuk membangun keunggulan sumber daya manusia Indonesia. Tampak hadir mendampingi Presiden SBY antara lain Menko Kesra Aburizal Bakrie, Mensesneg Hatta Rajasa, Seskab Sudi Silalahi, serta dua Jubir Presiden Andi A. Mallarangeng dan Dino Patti Djalal. (mit) sumber; presidensby.info

Rabu, 17 Desember 2008

Munas Gerakan Pramuka 8 Tahun 2008



Pada Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka ke 8 Tahun 2008, allhamdulillah aku dapat kesempatan menjadi panitia di Bidang Persidangan. Sungguh pengalaman yang baru dan sangat bermakna.

Hari pertama, sungguh kerja keras semalaman tidak tidur karena dari siang ngebantuin di sekretariat sampai larut malam. Ee... pas tengah malam sekitar jam 24.00 aku dan partner (Taufik H) menuju gedung pandan sari untuk ngeset kabel LCD yang akan digunakan untuk pembukaan munas ke esokan harinya. Waduh bandan rasanya seperti digebukin. Belum lagi ada beberapa peralatan yang bermasalah, seperti remot untuk menurunkan layar ketinggalan di kantor pusat. Akhirnya jam 04.30 an kerjaan ngeset kelar.

Lumayan bisa tidur sejam tapi itu juga tidak bisa tidur tenang karena salah seorang temen juga minta bantuan untuk dibuatkan tulisan. Walah... dalam hati ini orang ngga tahu apa yach, badan udah letih banget..... ya udah dech setelah gw bikin dan kuantar ke gedung pandan sari lagi, selanjutnya gw mandi dan bersiap-siap untuk acara pembukaannya. Allhamdulillah yang mengambil remot untuk menurunkan layar sudah kembali, berarti hambatan 1 sudah teratasi.
Rencananya Munas Gerakan Pramuka akan di buka oleh Presiden RI tapi karena ada sesuatu hal akhirnya batal, akhirnya jadwal jadi berubah. Akhirnya Ka Kwarnas Gerakan Pramuka yang membuka Sidang Paripurna. Yang tadinya menurut Kak Taufik LCD jangan dipasang dulu karena kemungkinan Sidang di mulai pukul 11.00 an sesuai pengalaman yang lalu, namun perkiraannya meleset, karena setelah Sidang di buka langsung dilanjutkan pembahasan agenda dan tata tertib. Akhirnya kami bahu membahu menyiapkan LCD. Allhamdulillah semuanya beres. Hari pertama sungguh melelahkan, rasanya mata ini seolah-olah terpejam aja. Uh... ngantuk banget et..et..ettttttt.............
Ternyata suasana sidang seperti munas-munas yang diselenggarakan para partai politik, ramai, seru, banyak peserta yang pakai istilah interupsi..!, interupsi...! macam anggota dewan yang ada di senayan itu. (dalam hati, oh... begini toch suasana sidang munas). Banyak orang pinter yang ngomong saling bersaut-sautan untuk mempertahankan pendapat dan sekaligus unjuk kemampuan berargumen. Hebat.... hebat.....
Selesai sidang kira-kira pukul 22.00, setelah beres-beres aku kembali ke sekretariat, waduh tidur terasa nikmat buanget.....

Jumat, 12 Desember 2008

Adiku jadi Perwira


Kadang orang butuh sanjungan atas keberhasilan yang telah diraih, namun aku orangnya menganggap apa yang telah diraih seseorang itu datar-datar alias biasa-biasa saja so aku saat memberi ucapannya juga tidak seheboh orang-orang yang biasanya mereka ucapkan, mungkin cukup dalam hati.

Mungkin orang berfikiran aneh, ada yang lagi bahagia atas kesuksesannya kok adem-adem saja alias cuek, "Iri kali dia atau semacamnya". Biarlah orang berasumsi begitu, itu pendapat mereka.

Allhamdulilah adiku "Mas S. Arifin" selesai dalam pendidikannya di SECAPA AD Bandung kurang lebih setahun dengan penuh pengorbanan besar baik biaya, pikiran dan tenaganya. Selamat ya pak, aku bangga jadi saudaramu.

Selasa, 09 Desember 2008

Di balik senyum petugas pompa bensin.


Ketika mengisi bensin, saya sering kali ngobrol dengan petugas pombensinnya. Kebiasaan saya memang suka mengobrol dengan siapa saja.Sering kalinya saya hanya ingin menambah wawasan saja dari hal-halyang mungki tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya.

Hal yang beberapa bulan ini saya tanyakan ke mereka di berbagai tempat pom bensin adalah apakah mereka tidak pusing mencium bau bensin setiap hari dan kenapa mereka tidak memakai masker penutup hidung agar mengurangi uap bensin yang terhirup.

Hal tersebut saya tanyakan, karena saya saja yang berdiri sebentar sambil ngobrol, sudah langsung pusing karena menghirup bau bensin tersebut. Mereka, kurang lebih sepuluh orang, yang saya tanyakan semuanya menjawab bahwa sebenarnya mereka juga pusing. Mereka merasakan dada yang sesak.. Dan makin parah lagi kalau pas mereka sedang sakit, katakan saja flu, perasaan sakit di dada semakin menjadi.

Ketika saya tanyakan kenapa mereka tidak memakai masker, jawaban mereka semuanya sama yaitu karena kebijakan perusahaan. Perusahaan melarang mereka memakai masker karena demi pelayanan ke pelanggan. Mereka diwajibkan untuk tetap tersenyum ketika melayani pelanggan. Mereka bilang, kalau mereka pakai masker, mereka tidak bisa lagi menunjukkan senyum mereka ke nasabah dan itu akan dianggap tidak sopan karena tidak menghargai pelanggan. Hazrah kazrah! Saya terkaget mendengar jawaban mereka. Jawaban mereka semuanya seragam.

Jawaban mereka pun semakin diperkuat dengan iklan Pertamina di televisi yang mengutamakan senyum petugasnya ketika melayani pelanggan. Ironisnya, dibalik senyum yang mereka berikan, ada derita yang harus mereka tanggung dengan mencium uap bensin setiap hari yang dapat memberikan gangguan yang serius kepada kesehatan mereka, khususnya paru-paru dan otak mereka. Saya sebagai pelanggan lebih senang melihat mereka memakai masker penutup hidung, ketimbang mereka melayani dengan senyum tapi saya tahu dibalik senyumnya, mereka menanggung derita yang tidak ringan.

Melalui tulisan ini, saya mengajak kita yang peduli terhadap nasib para pekerja pom bensin untuk menyerukan kepedulian kesehatan petugas pom bensin agar pertamina dan pemilik pom bensin melengkapi petugas pom bensin dengan masker penutup hidung. Saya sebagai pelanggan pom bensin lebih peduli kesehatan petugas pom bensin ketimbang senyuman mereka ketika mereka mengisikan bensin kekendaraan saya. Saya sudah mulai merasa tidak nyaman karena tahu dibalik senyuman petugas pom bensin ada derita yang harus mereka tanggung akibat menghirup uap bensin.

Semoga melalui tulisan ini, nasib kesehatan petugas pom bensin bisa diperbaiki dimulai dengan memakai masker penutup hidung. catatan: Sekedar tambahan catatan, untuk pom bensin yang buka 24 jam, diterapkan tiga shift kerja. Kurang lebih mereka bekerja seharinya sekitar 8-9 jam. Jumlah jam yang cukup lama untuk menghirup uap bensin terus menerus.

Sumber : Irwan Ariston Napitupulu, Superkoran (www.apakabar. ws)

Rabu, 03 Desember 2008

Jujur vs bohong, menang siapa?.....

Jujur memang mudah diucapkan, tetapi susah untuk direalisasikan.
Jujur itu pahit, jujur itu selalu kalah, jujur itu tidak bisa bikin kita kaya, jujur itu bikin kita jadi pecundang, jujur itu kuno, jujur itu hancur. Untuk berbuat jujur perlu banyak yang harus dikorbankan. Berapa banyak orang jujur yang pada akhirnya harus menyerah.... karena tidak kuasa menahan pengaruh dari lingkungan yang menginginkan kita untuk berbuat tidak jujur.

Hmm... jaman sekarang ini jika qta menginginkan pimpinan kantor, pimpinan negara, atau apalah dipilih dari pribadi yang jujur saya kira hanya isapan jempol saja. Dari perekrutan dan pemilihannya jika sudah diwarnai dengan sesuatu yang tidak jujur, gimana akan terpilih pimpinan yang jujur. Di aminin atau nggak bahwa mental dan lingkungan masyarakat yang ada di dunia ini sudah rusak, karena golongan yang tidak jujur masih lebih besar dari golongan yang jujur.


berbalik 180 derajat dengan sifat bohong. Bohong itu enak, bohong itu menang, bohong itu bisa bikin kaya, bohong itu menyenangkan, bohong itu trends. Berapa banyak orang terlena dengan kebohongan, karena kebohongan itu enak. Dari yang buta huruf sampai yang punya gelar berendeng, akhirnya terperosok juga dalam dunia kebohongan.


So... kalo kita ingin melihat dimana Kejujuran itu akan berjaya, hanya di akherat kelak. Karena kita yakin hanya Tuhan Yang Maha Esa lah bisa berbuat jujur.

Di golongan yang manakah saya?..... hanya diri kita yang tahu.
Sebagai pribadi yang ingin berbuat yang jujur berusahalah walaupun berat.... dan hasil akhir serahkan pada Allah SWT.

Rabu, 19 November 2008

Bu Dhe ku kembali kepadaNya

Innalillahi wainna illaihi rojiun, semua yang di dunia ini miliknya dan akan kembali semua kepadaNya.

Semalam aku dapat berita duka dari kampung bahwa Bu Dhe Sunar meninggal dunia jam 11.00 Wib di rumah sakit karena sakit. Emang sebelumnya aku dapat kabar dari ibu bahwa bu dhe dirawat karena habis jatuh dari kamar mandi. Selain itu memang beliau juga sudah sepuh.

Dalam kenanganku, Dhe Nang (biasa aku panggil) adalah sosok wanita yang gesit, cekatan khususnya dalam hal masak memasak, karena beliau waktu masih muda pernah kerja di restoran. Dari dulu sampai kematiannya, hidupnya tidak pernah merasa senang karena dari dulu masih mudanya dhe nang sudah banting tulang untuk membantu biaya kehidupan cucu-cucunya.

Selamat jalan dhe nang, semoga engkau bahagia disana. Hari ini bu dhe berangkat duluan dan aku pasti akan mengikutimu ngga tau hari ini, besok atau kapan. Mudah2an bu dhe mendapat tempat yang layak disisiNya sesuai dengan amal yang bu dhe perbuat. Amin.

Selasa, 18 November 2008

jualan bakso = jualan bensin


Pagi ini aku sengaja berangkat agak pagian karena akan ke pom bensin tentunya untuk beli bensin bukan combro terus istriku akan mampir di daerah Sabang (Jakarta Pusat) karena akan beli kue untuk persiapan rapat reboan di tempatnya kerja.

Kita beli bensin di pom bensin dekat rumah daerah sebelum taman puring, ada pom bensin baru. Karena masih baru otomatis semua serba baru, tempatnya luas, pegawainya baru, ada mini marketnya, ya seperti konsep-konsep yang lagi jadi trend sekarang ini "POM BENSIN TERPADU". Hmm... antrinya panjang banget ditambah lagi petugasnya baru ganti shift dan terkesan lelet aku jadi tidak sabar juga. Aku bilang ke istri, kita beli di depan aja. Namun kata istri "sabar.... lumayan kita dalam antrian nomor 9 lihat tuch dibelakang kita panjang banget". Yach... kutahan sebentar tapi karena kulihat petugasnya (perempuan semua) yang tidak cekatan dan terkesan lelet, akhirnya kuputuskan untuk beli di daerah Pakubuwono. Sesampai di POM Bensin di daerah Paku Buwono (yang kata orang Pom Bensin itu punyanya Taufik Kemas) keadaan emang beda 180 derajat, tidak antrian dan cenderung sepi.

Hehehe.... jadi su'udzon nich, kenapa jadi konsumen banyak lari ke pom bensin yang baru tadi. Emang logikanya pom bensin yang baru berada dibelakang sebelum pom bensin yang ada di Pakubuwono. Jadi ingat dengan pedagang bakso rusuk di daerah Cibubur, ketika baru buka walah yang antri berjubel dan aku pernah lihat ketika melewati jalan tersebut aku lihat orang rela menunggu di depan warung padahal warungnya belum buka, tapi itu berlangsung tidak lama mungkin hitungan bulan saja sekarang yang beli seperti layaknya orang jualan, tidak ruame banget. Diakuin atau tidak fenomena "pelarisan untuk dunia perdagangan sah-sah saja.

Hm..."apakah jualan bensin sama juga dengan jualan bakso" ???

Selasa, 11 November 2008

Selingkuh itu indah "......."


Berapa ratus pasangan yang akhirnya cerai berai berantakan penyebabnya perselingkuhan....
berapa ribu pasangan yang kelihatannya adem ayem, rukun-rukun dan sudah menjalani hidup bersama puluhan tahun akhirnya pisah karena perselingkuhan ......
hehehe......


benarkah perselingkuhan penyebabnya....

Kalau menurutku PERSELINGKUHAN ada dua kategori :
1. perselingkuhan karena jiwa petualang
2. perselingkuhan karena penderitaan dalan rumah tangga atau hubungannya

Kategori pertama jelas mereka berselingkuh karena hobi dan suka berpetualang untuk mendapatkan sensasi atau apalah yang bikin hidup mereka pelaku selingkuh tersebut makin penuh warna. Ada ataupun tidak masalah yang ada dalam rumah tangganya mereka tetap akan melakukannya.

Kategori kedua ini lain, Perselingkuhan terjadi karena pasangannya sudah tidak memberikan kenyamanan, kurang perhatian, tidak ada variasi dan terkesan monoton dalam menjalani biduk rumah tangga, sibuk dengan aktivitas, anaknya atau keluarganya.

Kalau menurut aku, perselingkuhan itu warna dari sebuah hubungan dan sifat manusia yang tidak bisa selalu puas. Perselingkuhan akan aman jika bisa memanage hubungan terlarang tersebut. Banyak cara yang dilakukan orang untuk memanage hubungan tersebut misalnya dengan guna-guna, bersikap terlalu manis dalam rumah tangganya dan lain-lain.


Rabu, 05 November 2008

Kopi dan Sukun

Pagi ini, hari terasa begitu indah, nikmat banget.... saat meneguk secangkir kopi dan sepotong sukun goreng. Sukun yang gw beli dari warungnya Bang Mursit tetangga gw.

Kasihan Bang Mursit karena warung tempat cari rejekinya selalu tergusur. Sejak gw tau beliau sudah tiga kali warungnya tergusur, dulu warungnya ya seperti warung kebanyakan bentuknya rumah trus harus pindah karena tanah tempat bercokol warung tersebut sudah dijual sama pemiliknya, akhirnya dia pindah deket rumahnya dan tempatnya lumayanlah masih bisa masak di dalam, eeee..... sekarang warungnya terdesak lagi karena tanah yang sudah laku didirikan bangunan, akibatnya klo Bang Mursit lagi meracik kopi atau menggoreng gorengan jika nungging tidak bisa menyembunyikan pantatnya yang bohay itu.

Selasa, 04 November 2008

Soulmate kah....

Kemarin aku sms ke Rina (temen saat acara napak tilas tahun 2002) yang lampau tentang apakah Kakaknya (Nelly) sudah melahirkan apa belum?
E.... kemarin tidak ada balasan........
Hari ini, barusan aku dapat dapat sms dari Rina isinya memberitahu bahwa Kakaknya (Nelly) sudah melahirkan anaknya perempuan.......
Subhanallah, pas banget yach...... padahal gw ngga menghitung loh usia kehamilannya, cuma tebak-tebak saja.

Selamat ya Nelly, mudah2an putrimu menjadi anak yang sholehah, berbakti pada agama, orang tua dan bangsanya, Amin.

Senin, 03 November 2008

Donor Darah lagi....

Beberapa hari yang lalu gw lihat berita di salah satu TV Swasta bahwa sejumlah Rumah Sakit kekurangan stok darah.

terakhir gw donor darah bulan pebruari yang lalu.
Hari ini kebetulan Kwarnas Gerakan Pramuka ada donor darah rutin 3 bulan sekali.

Setelah isi formulir donor langsung daftar seperti biasa, trus tes darah, trus ditensi oleh dokter, allhamdulillah tensiku normal 110/80.

Selesai diperiksa tensi oleh dokter langsung ketempat pengambilan darah,
wee.... tadi gw deg...deg...deggan ngeri ditancap jarumnya suntiknya......

Allhamdulillah ngga berapa lama selesailah sudah pengambilan darah.

Minimal gw bulan ini bisa menambah stok darah, mudah2an bermanfaat. Amin

Minggu, 02 November 2008

kejujuran

Respon apa jika ada orang menganggap qta tidak jujur.............
enak aja .... (sambil cemberut)
stop !!!
jangan marah dulu.....
diam, berfikir dan tanya kedalam relung hati yang paling dalam....
benarkah apa yang kikatakan orang tersebut

Jujur perlu konsistensi......
pembuktian kejujuran bukan dari pengakuan orang lain
namun kejujuran terletak pada konsistensnya akan makna kejujuran tersebut.....

Seberapa besar konsistennya kita......
benarkah kita sudah jujur dengan orang diri kita.....



Kamis, 30 Oktober 2008

Asean Scout Jamboree


Pada kepanitian di Asean Scout Jamboree kemarin tumben istriku dilibatkan. Istriku bertugas di Champ Chief sebagai staff sedang aku di Secretariate Activity.

Selasa, 28 Oktober 2008

Jambore Pramuka Asean 2008

Pertama kali Indonesia mengadakan Asean Scout Jambore, itu juga atas usulan Bapak Presiden RI. Allhamdulillah kegiatan tersebut sudah selesai. Asean Scout Jambore diikuti oleh 1.339 peserta. Selain peserta dari Indonesia juga hadir Pramuka dari negara-negara Asean (Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam).

Kegiatan yang dilaksanakan adalah Asean Solidarity (Bakti Masyarakat), Scouting Skill (Ketrampilan Kepramukaan), Adventure, Sportacular, Faith and Believe (Kerohanian), Culture Understanding, Global Development Village.

Pada Scout Jambore Asean 2008 ini aku bertugas di Sekretariat Kegiatan. Dari awal sampai akhir aku tidur di aula karena temen-temen yang bertugas di Sekretariat pada pulang. Ini gw lakukan karena disamping gw dapat amanat dari Boss gw (Kak Desi Ampriani) juga gw merasa peduli dengan keamanan barang-barang yang gw bawa dari Kantor. Personil di Sekretariat Kegiatan adalah Kak Desi Ampriani, Kak Sutrisno, Kak Supadi, Putri, Lika, Putri2, Derry, Tita tambahan tenaga dari seksi upacara "Etika", dan Gw.

Asyik juga bekerja dengan anak-anak Penegak, disamping tambah kenalan juga ada penyegaran dengan wajah-wajah baru. Kerjasama dengan anak muda memang diperlukan "kesabaran" yang lebih karena ternyata anak-anak klo tidak diarahin cenderung semaunya sendiri.




Kamis, 16 Oktober 2008

SoUlmAte, apa sich?????/


Pengarang: Evy Marlina - Penerbit : Gramedia Pustaka UtamaCetakan Pertama 2008 - Jenis Buku: Nonfiksi/Self improvement/RelationshipSasaran - Pembaca: UmumHarga: Rp 35.000,- - GM 204 08.078; - ISBN: 978-979-22-4019-7;13,5 cm x 21 cm;164 hlm.

Sinopsis Buku:

Mengapa ada orang yang menemukan soulmate dengan mudah, tapi ada juga yang susah? Kenapa banyak orang yang kelihatannya cantik, tampan, dan sempurna, tapi mengatakan sulit mencari soulmate?

Benarkah soulmate harus dicari, diusahakan, dan bahkan diperjuangkan? Di situlah letaknya misteri cinta! Cinta dapat memberikan perlindungan dan pengakuan. Cinta mampu mengusir rasa bosan, cemas, dan takut. Cinta pun mampu mengubah cara pandang dan perilaku seseorang. Cintalah yang akan menuntun kita untuk menemukan soulmate.

Buku ini akan membantu memahami kebutuhan cinta Anda yang unik. Anda akan mengetahui di mana letaknya cinta itu dan bagaimana proses cinta itu terjadi. Dijelaskan pula cara menentukan kriteria pasangan ideal yang tepat menurut “pesan peta cinta” Anda, memulai pendekatan, mengolah sinyal-sinyal ketertarikan, menjaga hubungan cinta tetap harmonis, dan menangani konflik dalam hubungan cinta.

Terakhir, dibahas juga apa yang harus Anda lakukan jika harus mengakhiri hubungan cinta atau meningkatkannya ke arah perkawinan. (sumber dari marlina2600.blogspot.com)

2 KEGIATAN PRAMUKA

Mungkin hari ini postingan gw agak tertunda lagi karena mulai hari ini ada kegiatan di luar karena Kwarnas Gerakan Pramuka ada kegiatan rutin yaitu Jambore On The Internet (JOTI) dan Jambore On The Air (JOTA) yang dilaksanakan tanggal 17 - 19 Oktober 2008 di Aula Kolam Renang Tirta teja, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.


Kegiatan besar yang kedua Jambore Pramuka Asean 2008 yang dimulai tanggal 18 - 26 Oktober 2008 di Buperta, Cibubur, Jakarta Timur yang pesertanya pramuka dari negara-negara Asean dan Pramuka Indonesia.

kHITANAN riko pRATAMA











kEMARIN saat lebaran selain untuk sungkem ke orang tua juga ada satu hajatan yang harus kutungguin yaitu khitanan ponakan Riko Pratama. Rencana khitannya sebenarnya tanggal 2 habis lebaran persis dan aku bisa kembali tanggal 4, tapi rencana tinggal rencana, karena sesuatu hal harus diundur tanggal 5 . Ya udah akhirnya gw set ulang, dan untung tiket Bus yang sudah gw beli bisa diundur keberangkatannya dan gw harus juga tambah cuti dari kantor.



























Klo lihat Riko terbayang-bayang ketakutan so aku jadi inget dulu saat aku juga khitan. Namanya juga anak-anak siapa sich yang ngga takut, tapi mau ngga mau namanya juga kewajiban.
































Selasa, 14 Oktober 2008

10 tusuk 4 ribuan







Ternyata kemarin waktu di kampung ada info yang bikin gw penasaran,



apakah itu? katanya ada orang yang jual sate kambing 10 tusuk dihargai Rp. 4.000,- , yang nilai normalnya di sekitar tempat gw tinggal harganya Rp.8.000,-.



Warung tersebut adanya di dusun Banon, Desa Pilangrejo, Kab. Madiun.



Busyettt....!!! masa sich....





Untuk menjawab rasa penasaran, akhirnya gw, istri dan diantar oleh ponakan (Wisnu dan Adi) berangkat ke tempat tersebut, gw berangkat habis magrib dan ternyata setelah sampai ke tempat tujuan dan emang belum rejeki ternyata sate sudah habis.



Terus besok siangnya gw berburu lagi, gw berangkat jam 12.00 an dan Allhamdulillah masih ada. Hm... Klo lihat rumah yang jual sich biasa saja alias sederhana. Tapi yang bikin gw heran kenapa mereka bisa jual murah banget yach. Waktu itu yang beli penuh banget dan gw harus bersabar menunggu gilirannya lumayan lama. Waktu itu gw pesan 40 tusuk sate kambing, gule + nasi empat, es jeruk 4 ditambah lagi yang dibungkus 120 tusuk total jendral habis Rp. 75.000,-. Dan ternyata pesanan gw tuch pesanan terakhir karena setelah itu banyak pembeli yang kembali pulang karena satu sudah dinyatakan habis oleh sang penjual.


Gw nunggu sate yang dibawa pulang lumayan lama, karena menurut istri dan ponakan yang masuk ke dapurnya penjual sate, ternyata daging satenya baru dipotongi karena baru saja di dadakin motong satu lagi. Kata istri hari itu sudah habis 4 kambing. Bisa dibayangkan buka jam 10.00 - 13.30 4 kambing sudah habis. ck..ck..ck....




Kamis, 09 Oktober 2008

lEBARAN PENUH MAKNA










gW pulang kampung berangka dari St. Gambir tanggal 25 September 2008 pukul 17.00 naik KA Bima. Sampai di Stasiun Madiun Tanggal 26 September pukul 04.00 WIB.

Lumayan lama aku mudik kira-kiran 11 harian karena aku kembali lagi ke jakarta tanggal 6 Oktober 2008 naik bis dan sampai rumah tanggal 7 Oktober 2008.

Banyak cerita selama dikampung karena selain ketemu dengan saudara-saudara yang sekarang belum tentu setiap hari ketemu tapi pas lebaran Allhamdulillah bisa ketemu. Allhamdulillah juga ibuku, saudara-saudaraku, ponakakanku pada sehat pada sehat semua.

Pada lebaran tahun ini aku pulang lebih awal, so aku bisa merasakan puasa ramadhan di rumah, buka puasa dan saur bersama emak. Tiap pagi emak membelikan kami nasi pecel, padahal beliau sendiri setiap saur tidak pernah makan nasi, paling juga segelas air teh dan energen. Itulah emak, dulu sewaktu aku masih kecil emak merawatnya dan sekarangpun aku sudah berkeluarga emakpun masih mau direpotkan, matur nuwun ya mak.




Nyekar adalah tradisi wajib untuk mendoakan arwah orang tua dan para leluhur setiap menjelang lebaran. Makna lain selain mendoakan juga pengingat bagi gw bahwa setiap yang hidup pasti ada akhirnya yaitu kematian.






Sungkeman adalah tradisi yang selalu keluarga gw dan keluarga lainnya untuk bermaaf-maafan dilakukan. Nuansa dan sikap menghormati anak kepada orang tua begitu kental, tidak seperti yang dilakukan orang-orang di Jakarta.

SMS UCAPAN LEBARAN

tAQABBALLAHU MINNA WAMINKUM...

Rabu, 24 September 2008

Akankah Rossi juara Dunia tahun ini

Tanggal 28 September ntar menanti dan berharap mudah2an valentino rossi memenangi juara dunia motogp tahun ini, setelah 2 tahun belakangan ini dia tidak berhasil mempertahankannya.

Senin, 22 September 2008

pULANG kAMpUNG yUK.....

iNsyaAlloh besok tanggal 25 September gw pulang kampung ke Jawa naik kereta Bima, do'ain selamat sampai tujuan.
Allhamdulillah lebaran tahun ini aku diberi kemudahan untuk mudik, dari beli tiket gampang, keluarga adik istri yang biasanya setiap tahun pulang, tahun ini ngga pulang. Pokoke allhamdulillah.
Lebaran tahun ini disamping emang mau sungkem sama emak, kebetulan kakak-ku juga mau nyunatin anaknya, yang insyaAlloh dilaksanakan tanggal 5 Oktober 2008.

Minggu, 21 September 2008

Selamat Jalan Kak Haris

Innalillahi wainna illaihi rojiun,
semua yang ada di dunia ini milikMu dan akan kembali padaMu jua.

Minggu, dini hari hp istriku masuk sms dari seseorang yang memberikan kabar bahwa teman kami Kak Haris Mudjiono, salah staf Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Gerakan Pramuka meninggal dunia jam 00.300 di RS. Tugu Ibu karena sakit.

Kematian memang tidak bisa ditebak kapan datangnya,

Hari Senin aku masih sempat berkomunikasi dengan beliau, saat itu beliau minta diisiin pulsa, tapi karena kebetulan deposit lagi habis maka Kak Haris tidak jadi beli. Hari-hari berikutnya aku tidak ketemu-ketemu lagi sampai akhirnya berita kematian beliau.

Dimataku beliau adalah orang baik, mudah2an saat kematian beliau di bulan ramadhan mendapat tempat yang layak di sisiNya, Amin.
Hari ini aku, teman-temanmu mengantar jenazahmu hingga liang lahat dan nanti kami juga pasti akam menyusulmu.

Selamat jalan Kak Haris........

Selamat Jalan Kakak ku..........

Selamat Jalan Konsumen ku.............

Semoga engkau bahagia di sana.

Kamis, 18 September 2008

Buka Bersama dengan Fans D Radio





Kata ustad cinta " wanita adalah setan ", karena jika dilihat dari sudut manapun (depan, belakang, samping) wanita tetap menjadi godaan bagi laki-laki.

Kata pak ustad, jika ada suami yang "selingkuh", jangan kawatir karena yang diselingkuhi adalah setan, Tapi anehnya banyak juga loch laki-laki yang rela diperbudak oleh para setan-setan ini, katanya habis asyik sich.....

d radio, mengadakan jumpa fans sekaligus acara berbuka puasa bersama di SKy View, Plaza Semanggi. Rombongan gw yang ikut (Istri gw, Mimi, Sahnan, Evie dan temennya Evie).
Asyik juga tempatnya, dan disitu banyak kutemui setan-setan bergentayangan, anehnya bukannya bulu kudu gw yang berdiri tapi bulu yang lainnya, hehehe......

Vie.....,
akhirnya elo bisa kenal istri gw,
asyik khan orangnya.....



Bad ManaGemeNt

kurang lebih sudah 2 tahun gw punya "site job" jualan voucher elektrik. ihwal gw tertarik jualan voucher elekrik adalah modalnya kecil, resikonya kecil dan cara jualnya bisa mobile alias tidak harus punya tempat khusus "counter".

bukan hanya keuntungan "uang" yang kudapat dari site job ini tapi gw juga dapat hal lain seperti :
1. belajar karakter konsumen dalam artian gw bisa tahu para konsumen tentang tanggungjawabnya jika berkaitan dengan hutang (karena sebagian besar konsumen gw membayar tunda) ada yang tanpa diingatkan langsung bayar, ada juga yang suka ngelas-ngeles klo diingatkan,
2. melatih kesabaran "gimana menyikapi para konsumen yang komplan"
3. belajar ikhlas jika saat pengiriman pulsa, konsumen bilang pulsa belum masuk sedangkan report dari pihat dealer bilang sudah masuk, ya sudah harus gw ihklaskan karena namanya orang jualan tidak harus untung terus juga harus bersiap-siap jika menerima kerugian.




Rabu, 17 September 2008

GatHering ????





Kemarin (16/09/08) aku dan istri diajak buka bersama di Bakmi GM - Samping Sarinah sama suaminya temen istri yang kerja di data cell.

Sering dengar kata "gathering" tapi ngga ngerti apa artinya, tapi setelah gw ikutan kemarin ternyata acara kumpul-kumpul, acara tersebut disponsori oleh Esia. Esia lagi promo produk terbarunya yaitu isiesia, lumayan nambah ilmu dan ilmu tersebut ada kaitannya dengan site job gw yaitu jualan voucher elektrik.


Thanks ya friends... kapan ada lagi ajak gw yach.....

Kunfakuun.... "Buah Nangka Tak Berkulit"

Liputan6.com, Bogor: Buah nangka tanpa kulit, belum lama ini hadir di lokasi wisata Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat. Pohonnya tak berbeda dengan pohon nangka pada umumnya. Jenis nangka ini lebih populer disebut naked jackfruit. Keberadaannya menjadi andalan di lokasi wisata tersebut.Nangka tanpa kulit sebenarnya amat terkenal di berbagai negara, terutama India.


Buah ini pertama kali ditemukan di Bekasi Utara oleh seorang warga bernama Ihsan. Pihak Mekarsari kemudian meneliti nangka tersebut. Dilaporkan jenis nangka tak berkulit itu telah tersebar di sejumlah kota, yakni Pontianak, Kalimantan Barat, dan Bogor serta Cirebon, Jabar.Salah satu pengunjung asal Tangerang, Purwaningsih, mengatakan sengaja mengunjungi Mekarsari demi menyaksikan bentuk nangka tanpa kulit.


Namun, hingga saat ini belum diketahui kualitas rasa buah dari pohon silangan naked jackfruit dan nangka biasa. Manajemen Mekarsari, Catherina Day, mengatakan pohon silangan itu akan terus diperbanyak.Rencananya, jika buah nangka tanpa kulit sudah matang akan diuji rasa dan khasiatnya. Jika terbukti memiliki rasa yang lebih enak dan bergizi tinggi, pihak Mekarsari akan terus membudidayakan tanaman yang tergolong langka itu.(IKA/Budi Santoso)

Selasa, 16 September 2008

Om DaRno "Si Pengolah Daging SamPah"

Satu lagi potret kemiskinan masyarakat kita, karena keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh gizi dengan mengeluarkan sedikit uang, ternyata jadi peluang bagi orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan.
Mata kita terbuka dan tersadar saat ada salah seorang oknum (Om Darno namanya) tertangkap karena mengolah daging sampah dicampur dengan zat-zat kimia, digoreng dan dijual kembali.
Klo lihat muka om darnonya sich sebenarnya kasihan juga saat di interogasi oleh wartawan, tapi klo lihat apa yang telah dilakukan yach gemes juga, tega-teganya dia berbuat seperti itu. Yang lebih disalahkan lagi adalah oknum2 pemasok daging ini. Apalagi dia sekarang jadi tersangka atas perbuatannya dan dituntut dengan hukuman penjara 5 tahun dan denda uang 300.000.000,- oleh Penegak Hukum.
Hayo.... gimana klo sudah begini om...?.
Emang punya uang segitu banyak?.... Mau dihukum 5 tahun?.....
Ngerti ngga sich hukuman pasti akan om jalani karena om rakyat kecil bukanya seperti para koruptor yang bisa melobi dengan aparat penegak hukum untuk mengurangi hukuman.
Emang kemarin ngga dipikir dulu sich.........
Om Darno.... oh om Darno......

Senin, 15 September 2008

Potret Warga Indonesia "NiAt BaiK tidaK berBuah Baik"





Lihat berita di stasiun TV swasta, sedih, trenyuh dan gemes kenapa masyarakat Indonesia masih begini. 21 nyawa manusia melayang, 12 orang dirawat saat menerima pembagian zakat "Rp. 30.000,-" yang terjadi di Pasuruan Jawa Timur.

Itulah potret masyarakat kita "Tidak tertib dan berjiwa miskin", salah siapa klo sudah begitu ???....
Coba mereka tertib dan sabar tentu hal-hal seperti ini tidak akan terjadi. Penyesalan memang datangnya selalu terlambat, mudah2an semua ini ada hikmah untuk orang-orang kaya agar mempersiapkan segala sesuatunya klo ingin berderma kepada warga masyarakat yang jumlahnya banyak, dan si penerima agar mau sabar, mau antri, mau tertib "masa kalah sama bebek".


"Niat BaiK TiDak seLalU berBuah Baik" itulah sekarang yang dialami sang penyelenggara bukannya dapat pujian dari publik eh... sekarang justru jadi tersangka atas kejadian ini.



Minggu, 14 September 2008

KaCanG LuPa KuLitNya

14 September adalah kelahiran "BapaK Himawan Sutanto" yang saat ini usianya 69 tahun.

Allhamdulilah di ultahnya (Minggu, 14 September 2008) kali ini aku bisa datang ke kediamannya, sekaligus untuk silaturahmi dengan keluarga besar "Bapak" (Pak Toni, Bu Hani, Bu Adel, Pak Oyong) yang sudah lama tidak ketemu. Ternyata keluarga beliau tidak berubah tetap hangat dengan orang kecil seperti aku ini.

"Kacang jangan lupa sama kulit"
Karena lewat jasa beliau aku bisa seperti ini. Bapak adalah teladan bagiku, sikapnya yang selalu "ngewongke wong" (menghargai orang) dan semyumnya yang ramah terhadap siapapun.


Rabu, 10 September 2008

JaKarTa meNdunG paGi iNi

Selesai saur aku buka komputer untuk mengerjakan pekerjaan kantor yang ku bawa pulang, keren ya..., pekerjaan sampai dibawa dan dikerjain dirumah. Kira-kira jam 5 ku berhenti mengedit Buku Panduan Membina Pramuka Luar Biasa untuk mandi selanjutnya menunaikan ibadah sholat subuh. Selesai sholat subuh aku balik lagi di depan komputer untuk melanjutkan pengeditan. Karena keasyikan sampai lupa waktu, dan istriku bilang "Pak Dhe mau kerja ngga? sudah jam 07.00 nih", akhirnya aku beres2 dan bersiap-siap.

Rupanya pagi ini Jakarta mendung, bahkan saat aku mengeluarkan motor, rintik-rintik hujan pun jatuh. Waduh gimana nich, walau sudah menyiapkan mantel tapi cuma sepasang karena yang sepasang ngga tau naruhnya dimana. Gimana nanti klo ditengah jalan hujan. Ya udahlah dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, mudah2an tidak hujan hingga sampai kantor.

Yang biasanya motor ku gas dengan kecepatan paling maksimal 50 km/jam tapi pagi ini agak kunaikan sampai 60 km/jam. Suasana jalan pada pagi ini seperti biasa agak macet terutam di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Tampak pula pak polisi melakukan penertiban terhadap motor-motor yang masuk jalur cepat di jalur selepas Bundaran HI sampai dengan lampu merah sebelum Gedung Bank Indonesia.

Lampu merah di depan Bank Indonesia menyala akhirnya aku berhenti, saat menunggu lampu hijau menyala, mataku melihat sebuah stiker di motor orang yang membuatku ternsenyum geli.
Kata-kata dalam stiker tersebut :

"WARNING"
LELAKI ADALAH BUAYA TETAPI
WANITA ADALAH LUBANG BUAYA

Allhamdulillah sampai di kantor hujan belum turun.

Selasa, 09 September 2008

TeRnyAta gW beLum PekA

Gerakan Pramuka Selenggarakan Kursus Terlama Namun Juga yang Terpenting

Jakarta (1/9),
Sejalan dengan instruksi Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dan juga Pramuka Utama, untuk melakukan reviltalisasi Gerakan Pramuka, maka bekerja sama dengan Biro Kepanduan Asia-Pasifik (Asia-Pacific Regional Scout Bureau), Gerakan Pramuka menyelenggarakan Kursus Manajemen Dasar (Basic Management Course) di kawasan Lembaga Pendidikan Kader Pramuka Nasional (Lemdikanas) , Cibubur, Jakarta Timur, 27 Agustus sampai 10 September 2008.

Ini merupakan kursus dengan jangka waktu terlama, 15 hari penuh, bukan saja di lingkungan Gerakan Pramuka, namun juga di lingkungan kepanduan di Asia-Pasifik. Walaupun demikian, kursus tersebut, seperti diungkapkan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof.Dr.dr. Azrul Azwar, MPH, dan Direktur Regional Biro Kepanduan Asia-Pasifik, Abdullah Rasheed, merupakan salah satu kursus terpenting.

Harus diakui, kegiatan kepanduan di banyak negara termasuk di Indonesia, pada beberapa dasawarsa belakangan ini, mengalami sejumlah penurunan. Salah satunya diakibatkan oleh kurang mampunya manajemen organisasi kepanduan untuk menjadikan organisasinya sebagai organisasi dengan manajemen modern dan tanggap terhadap kebutuhan kaum muda yang menjadi sasaran pembinaan organisasi kepanduan tersebut.

Melalui Basic Management Course, para peserta diharapkan mampu melakukan perubahan-perubahan yang berarti dalam manajemen organisasi di tempatnya masing-masing. Sehingga organisasi kepanduan, termasuk Gerakan Pramuka, menjadi kembali disenangi.

Revitalisasi, termasuk mengubah dan memperbarui manajemen organisasi kepanduan, merupakan hal yang tak bisa ditunda lagi. Setiap organisasi kepanduan harus mampu memenuhi kebutuhan kaum muda, dan sekaligus mampu memberikan bekal kepada kaum muda agar mereka dapat tumbuh lebih baik dan menjadi manusia-manusia yang dapat diharapkan berperan penting di masa depan.

Kursus tersebut diikuti oleh 36 peserta yang datang dari Papua Nugini, India, Hong Kong, Srilanka, Thailand, Pakistan, Mongolia, Filipina, dan tuan rumah, Indonesia. Dari Indonesia sendiri, para peserta datang dari berbagai daerah, seperti dari Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan sejumlah utusan yang mewakili Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sementara instruktur kursus tersebut adalah para pelatih kepanduan yang sudah berpengalaman dalam bidang manajemen, di antaranya Jeff Benson dari Kanada, Dr Effendy Rajab dari Singapura, Dr Mak Wai-ming dari Hong Kong, Mari Nakano dari Jepang, Prassanna dan Syd Castillo dari Biro Kepanduan Asia-Pasifik, serta sejumlah instruktur dari Gerakan Pramuka.

Bersamaan dengan kursus tersebut, diselenggarakan pula pertemuan Subkomite Manajemen Kepanduan Asia-Pasifik. Dalam pertemuan yang diadakan 30-31 Agustus 2008 tersebut hadir Ketua Subkomite tersebut, Chandrasena Batungawala dari Srilanka, Wakil Ketua Subkomite Mari Nakano dari Jepang, serta tiga anggota Subkomite, Emma Barker dari Australia, Radwzan Husain dari Malaysia, dan Berthold Sinaulan dari Indonesia. Pertemuan dihadiri pula oleh Prakorb Mukura, Penasehat Subkomite Manajemen yang juga merupakan anggota Komite Kepanduan Asia-Pasifik yang berasal dari Thailand.

Info dari website: pramuka.or.id, Tanggal 01-09-2008 dede sulaeman

Senin, 08 September 2008

"MaLu" tidak sama dengan "hiNa"

Astaghfirullah…….

Tiada makhluk di dunia ini yang mampu dan sanggup menghinakan diriku kecuali Engkau ya Allah....

Ampunilah diriku ya Allah dari kesyirikan….
Ampunilah diriku ya Allah dari rasa dengki dan dendam …….
Jauhkan diriku ya Allah dari adzabMu…..
Jauhkan diriku dari sifat kemunafikan….
Jauhkan diriku ya Allah dari berburuk sangka….
Hanya Engkaulah pembimbingku….
Hanya Engkaulah sembahanku…..

Astaghfirullah….

Ya Allah ampuni aku dari rasa sedih….

Aku sedih ya Allah…. Aku sedih …..
Tajam banget prasangkamu sahabatku…..
Membuatku terhempas dalam jurang yang dalam dan keras…..

Ku tak sanggup…..ku tak sanggup …..
Jika takdir Allah memberikan kesempatan ku harus bertemu denganmu sahabatku….
Rasanya leher yang tertunduk ini terasa berat sekali tuk ku angkat untuk menatapmu

Bukan karena aku marah…….

Bukan karena aku benci…..

bukan karena aku dendam…..

Bukan… bukan ….. dan bukan….

Tapi karena aku malu …, aku malu…..

Ya Allah berlebihankah jika aku malu, berlebihanku jika ku merasa tidak pantas….
Ampuni aku dari kerapuhan diriku ya Allah

Astaghfirullah…. Astaghfirullah…… Astagfirullah….

Hanya Engkaulah yang mampu dan sanggup menghinakan diriku Ya Allah,
Hanya Engkau….

Ampuni hambaMu ini ya Allah.

Amin ya robbal alamin.

Minggu, 07 September 2008

berlian diantara batu kali

Kata temenku

" Har, elo jangan berteman sama gw ntar elo kebawa tidak baik".

Ibarat batu berlian diantara hamparan batu kali,
walau bercampur ribuan tahun,
tidak mungkin berlian akan berubah menjadi batu kali,

begitu juga sebaliknya.

Itu juga dengan pergaulan di masyarakat,
jika seseorang berada dilingkungan masyarakat harus bisa menyesuaikan,
dalam artian seseorang harus siap dengan konsekuensi dan resiko,
apakah lingkungan tersebut baik atau buruk.

Jika kita berubah karena pengaruh lingkungan,
yang salah bukan lingkungan,
tapi tentunya kita sendiri yang salah.
berarti kita belum siap untuk menolak hal-hal yang kurang baik tersebut.

Semua tergantung kualitas pondasi mental kita tentunya.
Kira-kira begitu kali yach.

Kamis, 04 September 2008

bUKU pANDUAN mEMANDU pRAMUKA LuAR bIASA

Secara umum orang yang tidak tahu pramuka mungkin mengartikan Pramuka Luar Biasa adalah seorang Pramuka yang memiliki Prestasi tentunya dalam bidang kepramukaan atau prestasi di bidang lainnya.

Arti sebenarnya Pramuka Luar Biasa dalam dunia kepramukaan adalah
anggota Gerakan Pramuka yang berkelainan (berkebutuhan khusus)atau istilah inggrise "disable" sorry kalo salah.

Di Indonesia peserta didik anggota Gerakan Pramuka yang mempunyai kecacatan tersebut dibagi menjadi 5 golongan kecacatan terdiri atas :
1. Pramuka Luar Biasa Tunanetra (Golongan A)
2. Pramuka Luar Biasa Tunarungu (Golongan B)
3. Pramuka Luar Biasa Tunagrahita (Golongan C)
4. Pramuka Luar Biasa Tunadaksa (Golongan D)
5. Pramuka Luar Biasa Tunalaras (golongan E).

Kita sebagai manusia yang tentunya diberi kelengkapan harus bersyukur dan tentunya juga tidak memandang mereka remeh, mereka juga makhluk Tuhan seperti kita. dan banyak juga mereka yang memiliki kekurangan mampu bertahan hidup lebih baik dibanding dengan kita yang normal.

tanggal 29-31 Agustus 2008, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dikomandani oleh Waka Kwarnas Bidang Diklatpram menyusun Buku Panduan Membina Pramuka Luar Biasa di Ruang Kartini I - Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kak Anang Suparman, Andalan Nasional Urusan Pramuka Luar Biasa, beberapa narasumber dari kelima kecacatan, dan dari Staf Kwarnas. Allhamdulillah kegiatan konsiyir draft buku tersebut berjalan lancar dengan hasil 90 % .

Oh ya disela-sela kegiatan tersebut ada cerita dari Kak Trisno saat bertugas dalam permainan KIM CIUM di Pertemuan Pramuka Luar Biasa yang lalu.

Oh ya KIM adalah salah permainan dalam kepramukaan. KIM ada beberapa kategori terdiri atas KIM CIUM, KIM RABA, KIM LIHAT, KIM RASA.

Nah dalam cerita ini Kak Trisno mengintruksikan ke salah adik Tunalaras (Tunalaras adalah peserta didik yang mempunyai gangguan mental).
Rupanya Kak Trisno ini iseng menarik tangan adik tersebut dan dimasukan ke dalam kaleng yang isinya minyak tanah selanjutya si adik disuruh mencium (rupanya adik tersebut tidak suka dengan keisengan Kak Trisno). Selanjutnya terjadilah dialog :

Kak Trisno : adik coba sebutkan apa nama yang barusan adik cium?
Adik : minyak tanah kak, jawabnya
Kak trisno : sebutkan apa kegunaannya?
Adik : mungkin karena si adik masih menyimpan kejengkelan tanpa di duga dengan spontan dan lantang adik tersebut menjawab "untuk membakar kakak !!!!......".


Spontan kakak-kakak pembina maupun penonton yang ada disekitar permainan tersebut tertawa terbahak-bahak dan mengejek kak trisno tentunya. Yach kita harus memaklum namanya juga anak dari Tunalaras.

Rabu, 03 September 2008

100 persen tenagaku kembali

Hari ini serasa tubuhku seger banget karena sepertinya tenagaku sudah pulih 100 %. Semalam istirahat cukup walaupun sebenarnya di bulan suci ramadhan seperti sekarang saat orang-orang berburu pahala dengan menjalankan tarawih, tadarus dan sholat malam tapi untuk malam ini yang kulakukan hanya tidur, sungguh mubadzir. Habis gimana lagi selesai berbuka puasa dan sholat magrib mata ngantuk, akhirnya aku tidur dan bangun-bangun kira-kira pukul 04.15 WIb. Malu gw, Gimana mau mengharap sempurna ibadah di bulan ramadhan ini karena sholat Isya dan sholat tarawih kutinggalkan. Ya Alloh ampunilah hambamu ini.

Kelelahan semalam mungkin karena kurang tidur dan kecapekan selama perjalanan dari Purworejo ke Jakarta. Bayangin aja, sampai di Jakarta kira-kira jam 04.00 terus naik angkot ke rumah adik (Cibubur) ambil motor, istirahat sebentar selanjutnya kira-kira jam 04.30 pulang ke rumah (Kebayoran Lama) sampai kira-kira jam 06.15, istirahat tidur sebentar kira-kira jam 07.15 berangkat lagi ke kantor.


Sampai di kantor bawaannya cape, males, badan sakit semua, akhirnya gw males ngapa-ngapain. Sampai-sampai pelanggan voucher pada protes karena saat mereka pesan/transaksi deposit gw habis so gw ngga bisa kasih mereka. Habis kemarin tuch mau setor ke bank aja malasssss banget. Ngga enak juga sich mengecewakan mereka, tapi dengan kata-kata dalam sms balasan yang semanis-manisnya semuanya bisa dimengerti.

Selasa, 02 September 2008

Mbah Putriku telah pergi

Pagi itu, hari minggu kira-kira pukul 08.00-an hp gw berbunyi panggilan masuk, ternyata dari bu lik yayuk yang memberikan kabar bahwa mbah Maryam meninggal dunia. Berita tersebut tentunya membuatku kaget seraya berucap "Innalillahi waina illaihi rojiun", gw dapat amanah dari bu lik untuk menyampaikannya kepada kakaknya (ibu mertua) dan adiknya yang ada di Jakarta karena bu lik yayuk sudah usaha via telepon tapi tidak bisa masuk.

Hal yang terberat adalah menyampaikan beritu kematian tapi Allhamdulillah aku bisa menyampaikan amanah tersebut kepada Ibu mertua dan Lik Wantoro yang ada di Bekasi.

Hari itu juga gw planning untuk pergi ke Purworejo mengantar sekaligus takziah ke rumah Almarhumah Mbah. Dari rumah bersama isteri tercinta ku berangkat memesan tiket bus selanjutnya ke rumah adik untuk menjemput ibu mertua.

Mbah Maryam dalam kenanganku beliau adalah wanita yang baik, agamis dan energik
Cara bicaranya yang lantang masih hangat dalam ingatan saat beliau memanggil namaku "mas ari"
Memang sebelum beliau menghadap Tuhan, beliau sempat sakit kurang lebih 2 tahun keluar masuk rumah sakit, dan enam bulan terakhir memang sakit beliau sangat parah karena terkena stroke sehingga badannya tidak bisa beliau gerakkan. Empat bulan sebelum beliau meninggal dunia aku dan ibu mertua juga jenguk beliau di Purworejo.

Ya.... mungkin ini yang terbaik untuk mbahku tersayang, semoga beliau di ampuni dosa-dosanya baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, diberi tempat yang layak di sisi Alloh, dilapangkan kuburnya, dihindarkan dari siksa kubur dan dimasukkan dalam surgaNya, Amin.

Rabu, 27 Agustus 2008

Gaji turun (2)



Hari ini tanggal 28 Agustus 2008 hari yang indah bagi karyawan Kwarnas Gerakan Pramuka, dimana pada tanggal tersebut adalah tanggal yang ditunggu-tunggu yaitu pembayaran imbalan jasa.


Yang biasanya para karyawan lesu, ngantuk, males, namun pada tanggal 28 semua itu hilang, sirna yang ada hanya semangat yang berkobar, muka-muka yang berseri-seri, yang kurang enak badan jadi sehat, termasuk gw tentunya.


Seperti yang telah gw ulas beberapa hari yang lalu "isu" bahwa imbalan jasa yang sudah enak-enak naik akan diturunkan lagi untuk bulan Agustus ini isu tersebut belum terjadi.
Tapi kata "belum" bukan berarti tidak jadi
hari ini turun nota dari Pimpinan yang isinya untuk bulan Agustus imbalan jasa akan dibayarkan sama seperti pada pembayaran bulan Juni-Juli tapi mulai bulan September dan seterusnya imbalan jasa mulai diadakan penyesuaian. Ngga tahu alasannya apa, hanya orang-orang pinter yang diatas sana yang tahu.


isi pada butir ke 3 yang bikin gw gemes adalah
Seluruh karyawan Kwarnas Gerakan Pramuka dimohon menjadi maklum adanya.
Maklum dengkulmu anjlok....!!!!!!!
Sorry kalo kata-katanya ngga sopan, sebenarnya orang tua gw tidak mengajarkan untuk berbuat tidak sopan, tapi bagi gw hanya untuk orang-orang tertentu yang bikin kesal kata-kata itu boleh dipakai yang intinya untuk melampiaskan kekesalan aja.

Selasa, 26 Agustus 2008

Jockey or joki or jocki ?????

Saat melintas disepanjang jalan pakubuwono setiap hari kumelihat deretan orang baik masih usia anak-anak SD, SMP, SLTA, mas-mas, ibu-ibu, bapak-bapak dengan dandanan macam-macam: ada yang rapi, ada abg yang berdandan norak dengan bedak dan alis tebal, ada yang seadanya dan terkesan kumal, ada yang menggendong anak, ada ibu-ibu yang berdandan seperti mau pergi dengan menjinjing tas, ada mas-mas yang berdandan perlente, ada yang berdandan seperti anak kuliahan, bahkan ada yang baru bangun tidur karena terkesan acak-acakan sambil mengacung-acungkan jari telunjuknya kearah mobil-mobil yang melintas.

Siapakah itu?......
Itu adalah joki.............
Yach... itu sebenarnya tidak jauh beda seperti yang kita lakukan yang pada intinya semuanya itu berujung pada "uang" untuk menyambung hidup. Allhamdulilah klo qta sekarang masih dalam kondisi yang lebih baik dari mereka dan itu harus qta syukurin. Harus...harus dan harus!!!!.....

Senin, 25 Agustus 2008

Mempererat silaturahmi warga RT 13 Keb. Lama Utara










sudah tiga tahun ini setiap akhir arisan diadakan piknik. Sudah 2 kali keluarga gw ngga ikutan dan baru kali ini gw ikutan. Yach... intinya sich takut di deportasi dari warga RT.13 aja, hehehe....

Allhamdulillah peserta lumayan banyak dari yang ikut arisan berjumlah 48 kk, yang ikut berjumlah 80 orang. Kali ini acara piknik tersebut dilaksanakan di PUNCAK KANA. Yang kurasakan setelah mengikuti event ini banyak juga, gw bisa tahu wajah-wajah tetangga gw.


Sebelum acara puncak yaitu arisan, pada kegiatan tersebut diselingi dengan beberapa games-games ringan yang tujuannya untuk menciptakan keakraban diantara kami. Wah..... cukup menghibur dan bisa bikin tertawa kepingkal-pingkal melihat tingkah polah mereka yang lucu-lucu.


Setelah games-games selesai tibalah saatnya makan siang, kami bersantap siang dengan menu sayur asam + daging ayam + sambel. Saat ambil ayam ada instruksi dari panitia "ayamnya satu-satu yach.... biar semua dapat kebagian ". He..he..he rupanya panitia ketakutan mungkin karena pesan ayamnya ngepas. Dan yang lebih tidak enak lagi ada salah satu panitia yang telak-telak mengawasi. Dan ternyata itu jadi gunjingan oleh orang-orang di bus aku tumpangi saat pulang.

Macam-macam dech komentarnya : ada yang merasa selera makannya hilang saat diawasi, etc.


Setelah makan siang dan sholat, Bapak-bapak bercampur dengan remaja-remaja main bola, gw ikutan juga. Walah.... lama ngga olah raga "ngos-ngosan" dan jantung berdetak kencang "duk..duk...duk... cepat sekali. Baru lima belas menit serasa mau pingsan aja, malu gw kalah sama Aki Endin, Pak Oman walaupun usia beliau jauh dari gw tapi mereka tetap energik. Ternyata faktor umur tidak jadi ukuran untuk stamina tapi lebih karena kebiasaan mereka yang rutin melakukan olah raga.


Setelah makan malam dimulailah acara puncak yaitu penutupan arisan dan pembentukan pengurus baru arisan dan terpilihlah Pak Sriyono sebagai Ketua Arisan. Setelah pembentukan pengurus arisan selesai dilanjutkan dengan kegiatan lainnya seperti ada yang main catur, ada yang main bulutangkis, ada yang main remi sambil menikmati singkong - ubi rebus dan jagung bakar.


Gw ngga ikutan begadang, karena kira-kiran jam 22.00 an gw dah tidur. Esok paginya gw bangun jam 07.00 an. Sebelum makan pagi, gw main bulutangkis. Gw sempat terjengkang saat ngejar kock. Jadi bahan ketawaan dech gw.


Kamis, 21 Agustus 2008

APR NATIONAL YOUTH PROGRAMME DEVELOPMENT WORKSHOP






21 s.d. 25 Agustus 2008 di Lemdikanas Cibubur, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mendapat kepercayaan dari Asia Pasific Region (APR) menyelenggarakan APR National Youth Programme Development Workshop.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para Andalan Nasional, Staf Kwarnas, Kwarda DKI Jakarta, Kwarda Jawa Tengah, Kwarda Jawa Barat, Pesantren Darunnajah dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu yang berjumlah kurang lebih 18 orang.


Pada kegiatan tersebut, gw kebetulan masuk dalam kepanitiaan dengan job sebagai "computers operator" alias "tukang ketik" kalau ngga salah. Karena pada hari Sabtu pagi gw harus mengikuti kegiatan piknik di RT akhirnya Jum'at sore gw ijin untuk meninggalkan tugas tersebut. Karena piknik dengan warga sudah terplanning jauh-jauh hari sebelum kegiatan APR ini dan hal tersebut sudah gw sampaikan kepada boss gw. Pada kegiatan tersebut narasumbernya dari Filiphina dan Australia, nah tentunya untuk berkomunikasi dengan mereka tentunya dengan bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Bisa dibayangkan, gw khan bahasa inggrisnya kurang banget..... alias litle-litle i can.


Ternyata benar ungkapan tukul "kalau komunikasi pakai bahasa inggris dengan bule hasilnya adalah kemeringet alias panas dingin". Saat gw berkomunikasi dengan mereka yach paham sedikit dan gw balas dengan bahasa tarzan.


Ada kejadian yang menurut gw lucu banget, yaitu dialog temen gw dengan bule dari Filiphina. Kalau ngga salah yang mereka bicarakan adalah tentang krupuk, sibule sambil menunjukan kerupuk udang dia bilang klo di filiphina ini namanya keropek. Trus dia nanya ini terbuat dari apa? harganya berapa? belinya dimana? trus gorengnya pakai apa?


Nah ngga tahu gimana ceritanya waktu itu temanku bilang "this is mekaaarrrrr......" Jadi ketawa qta yang dengernya padahal sich gw juga ngga ngerti. Jadi intinya sesama orang ngga ngerti saling menertawakan. .......

Selasa, 19 Agustus 2008

Gaji gw turun lagi "Selamat buat Seslak-ku sayang"

Seslak ???
istilah apakah itu ???........

Seslak dikantorku adalah salah satu jabatan yang disandang seseorang staf yang bertugas mengepalai para staf/karyawan dan kedudukannya dibawah Sekretaris Jenderal.

Gw cerita nich.........
oh ya bulan Juli kemarin dikantor gw ada kenaikan gaji, lumayan sich sampai 300.000 gitu. Yach tentunya sebagai staf hanya bersyukur Allhamdulillah...

saat aku lagi mengantar surat, saya dipanggil oleh "SESLAK", beliau tanya :
Seslak : Kak Hari golongan berapa?, masa kerjanya dah berapa tahun? gajinya naik berapa?,
Gw : Golongan IIA, kerja kurang lebih 10 tahun dan kira-kira naiknya 300 ribuan kak
Seslak : Wah banyak dong...... (sambil liat list kenaikan gaji)
Gw : Allhamdulillah Kak.....
Seslak : Berarti kakak naiknya 48 % dong, coba dibandingkan dengan yang masa kerjanya lebih dari 20 tahun mereka hanya naik 11 %
Gw : Wah saya ngga ngerti kak..... yang penting cuma syukur yang bisa saya panjatkan.
Seslak : ya sudah terima kasih.

Akhirnya gw keluar dari ruangan beliau sambil dalam batin- ku berpikir " Sing Goblok sopo sich??" gw khan ngga ngerti dasarnya kenaikan gaji tersebut.

Memang setelah itu berkembang akan dibentuk Tim peninjauan kembali atas kenaikan gaji bulan lalu.

Akhirnya pagi tadi menurut cerita teman-teman untuk gaji bulan depan gaji akan turun lagi.... dan info dari salah seorang teman yang seangkatan denganku, kira-kira gaji gw turun lagi sampe 200.000 an lebih.

Huh!!!!!... dongkol juga sich dan congratulations untuk "SESLAK" tersayang atas usaha dan perjuangannya untuk menurunkan gaji gw dan teman-teman. Dalam sejarah mungkin hanya dikantor gw, gaji udah naik -turun lagi.

SRI SULTAN HB IX DAN BAKUL BERAS

Andaikan pemimpin bisa seperti dia, tahu kemauan orang yang dipimpinnya, bersikap sopan dan santun terhadap yang lebih rendah, menghargai sesama manusia, ikhlas jiwa menolong tanpa berharap pujian, alangkah indahnya dunia ini.

"Suatu saat Sri Sultan pagi-pagi pulang dari Kaliurang dengan mengendarai Mobil Jeepnya sendiri. Sampai di sekitar Medari (Sleman) beliau disetop oleh perempuan tua, seorang bakul beras. Sri Sultan pun segera memberhentikan mobilnya, seraya menyapa dengan ramah. "Ada apa mbok?" - "Tolong mas angkatkan beras ini saya mau ke Jogya", ujar mbok bakul beras bersahabat.

Dengan tersenyum Sri Sultan turun dari mobilnya, dan mengangkat beras itu ke dalam mobilnya sendirian. Tanpa dipersilahkan masuk Si Embok Bakul Beras itu pun segera membuka pintu dan duduk di samping sopir, sebagaimana kebiasaan dia setiap hari dengan sopir-sopir yang lain.

Sambil ceritera kesana kemari, sambil makan sirih si Embok disambut dengan ramah oleh Sri Sultan sepanjang perjalanan. Tanpa terasa sampailah kendaraan yang disopiri seorang "Raja" ini di depan Pasar Bering Harjo, Jogyakarta.

Si Embok pun bergegas menyuruh Sri Sultan menurunkan beras itu, dan dengan tetap menunjukkan sikap yang sopan Sri Sultan pun menurunkan beras itu dengan baik.

Kini tiba gilirannya si Embok Beras mencari uangnya yang dibundel di selendang atau ujung setagennya (detailnya penulis tidak tahu, tetapi yang jelas memerlukan waktu yang lama). Ketika si Embok sedang sibuk menyiapkan uang untuk membayar Sang Sopir istimewa tadi, mobil pun segera meluncur.

Apa yang terjadi dengan si Embok Bakul Beras? Ia justru mengomel: "Sopir ini bagaimana to, orang baru diambilkan uang kok langsung bablas pergi, kalau kurang uang mbok ya ngomong, apa saya dianggap tidak bisa bayar!"

Ketika sedang sibuk ngomel, maka datanglah seorang Polisi, yang sedang berjaga di pos, menghampiri si Embok Bakul, seraya bertanya: "mBok ada apa, kok sepertinya marah-marah? Embok ketemu beliau di mana?" Si Embok tidak mennjawab keseluruhan pertanyaan pak Polisi, tetapi setengah khawatir dia menyatakan bahwa Ia mau bayar, bukan mau ngemplang. "Itu tadi lho pak, pak Sopir tadi kok nylonong saja, saya kan mau bayar, tapi entah lupa atau kurang bayarannya kok terus pergi begitu saja, saya kan malu, sama orang-orang yang jualan di sini, dikira saya nggak mau bayar?"

Jawab pak Polisi: "mbok...., tadi yang kamu tumpangi itu bukan sopir, tetapi Sri Sultan Hamengku Buwono, lihat tadi mobilnya kan AB no. 1"

Sepontan mbok bakul beras terperanjat, bagaikan disambar geledek. Kekagetan yang luar biasa yang tidak pernah dialami sepanjang hidupnya. Kemudian ia berteriak histeris: "Aduuuh Gustiiiii", selanjutnya badannya gontai dan terus pingsan. Dia merasakan rajanya yang sangat dihormati, sangat dicintai, yang senantiasa disembah-sembah, diagung-agungkan, kenapa disuruhnya ngangkat beras, kenapa beliau mau....., kenapa beliau tidak marah..., tidak membentaknya. Ini yang menjadikan penyesalan sang Embok Bakul beras, sehingga pingsan.

Sesuatu yang perlu kita pertanyakan kepada diri kita:

"Apakah dengan berbuat seperti itu Sri Sultan turun derajadnya?"
"Apakah dengan berbuat seperti itu kecintaan rakyat Jogya (terutama) terhadap Sri Sultan luntur?"
" Apakah perbuatan Sri Sultan membantu orang kecil, miskin, menjadi terhina?"

Sayang saya yang senantiasa menganggap beliau sebagai pahlawan kemanusiaan, tetapi nama beliau tidak tercatat sebagai Pahlawan Nasional.

Tetapi pertanyaannya adalah:
Apakah Sri Sultan menginginkan menjadi seorang pahlawan/" -
Jawabannya tentu saja tidaaak!

Siapa yang akan meniru jejak luhur ini??
Tangan perkasamu yang terulur,
Menuntun si keriput, dan tua renta,
Senyumanmu yang ikhlas, bisa menghibur rakyat yang berduka.
Kebijakanmu mempersatukan seluruh Pandu,Pertanda kesetiaanmu kepada Negara.
Engkau memang bukan pahlawan yang namamu terukir di batu pualam,
Tetapi engkau pahlawan yang namamu terukir di kalbu

kisah cerita ini kutiban dari email Kak JOKO MURSITHO

rencana Alloh itu Indah

sWeeT MeMorY...... "NostalGia SMA"