INTRODUCE
My name HARIANTO from East Java, Madiun city and Demangan Villages

Selasa, 03 Februari 2009

Peringatan buat pengendara motor! Februari ini hujan masih mengguyur deras dan "kolam raksasa" akan bertebaran di jalanan. Menghadapi situasi ini, biasanya pemilik motor nekat menerobos hujan, berjuang sampai titik darahpenghabisan alias tunggangan berhenti (mati mesin). "Kalau punya pilihan, mending berputar, cari jalan yang lebih aman, tidak banjir," ungkap JosephAnthony Tan, Kepala Training Roda Dua PT Suzuki Indomobil Motor. Karena tidak punya pilihan dan banjir harus diterjang, ada tiga pilihan untuk menerobosnya. Hanya, seberapa tinggi airnya?

*Didorong*

Paling aman, baik Joseph maupun Benny Djatiutomo, juragan bengkel StarMotor, menganjurkan motor didorong dan mesin dalam keadaan mati. Tujuannya menghindari air tersedot lewat filter udara atau lubang pernapasan sehingga air yang lewat ke mesin terhindarkan. Menurut Joseph, perhatikan juga jenis motornya. Kalau model sport relatif tidak terlalu masalah. "Untuk ketinggian 40 cm dengan posisi mesin tegak tidak masalah," tegasnya. Beda jika motornya skubek. Posisi cover CVT yang rendah, lanjutnya, sangat memungkinkan air masuk dari lubang pembuangan."Air yang nyelinap ke dalam cover bisa bikin belt CVT selip," tutupnya. Selepas menerjang banjir, cepat periksa beberapa komponen. "Lepas knalpot, pastikan air tidak ada di lubang pembuangan dan segera keringkan," pintaBenny.

*Jalan stasioner*

Jika ketinggian air di bawah 40 cm boleh diterobos. Namun, Joseph mengingatkan, pastikan kondisi kabel kelistrikan dalam keadaan baik agar tidak terjadi korsleting. Kemudian, waspadai air masuk ke karburator, tandanya mesin berbunyi mbrebet. Parahnya kalau air masuk ke ruang bakar,efeknya water hammer. "Piston seperti menabrak dinding keras," ungkap Benny. Benny juga mengatakan, kalau hal itu sudah terjadi, bukan hanya piston yang kena, melainkan seluruh komponen dalam, seperti kruk as dan klep, harus diganti dan pasti turun mesin. Pesan Joseph lainnya, sebelum menerjang banjir, ada baiknya knalpot ditutup dengan plastik. Kemudian, filter udara harus terpasang untuk mencegah airmasuk ke ruang pembakaran.

*Digeber*

Kalau motor tetap digeber, perhatian buat motor yang posisi mesinnya tidur.Peluang air masuk ke mesin melalui filter udara sangat besar. Untuk motor sport tertolong lantaran posisi mesin tegak. Namun, tidak tertutup kemungkinan air bisa masuk. Untuk motor bebek tidak dianjurkan digeber dengan kecepatan sedang. "Sudah pasti air masuk ke dalam busi (mesin mati) atau karburator (mbrebet),"bilang Joseph. Buat skubek malah lebih berisiko. Di luar mesin, kataJoseph, velg yang kecil bisa jadi masalah. Terutama di genangan air terdapat lubang."Kalaupun tidak terjatuh, ya velg rusak.
"Sumber : Kompas" email Kak Aji RP"

Tidak ada komentar:

rencana Alloh itu Indah

sWeeT MeMorY...... "NostalGia SMA"