INTRODUCE
My name HARIANTO from East Java, Madiun city and Demangan Villages

Selasa, 13 Desember 2011

ikatan batin ibu dan anak itu tidak putus


seperti yang telah aku tulis sebelumnya pada judul "syurga dan neraka" dalam secangkir kopi, tadi siang selama dalam penderitaan nama-nama yang kusebut selain sang Khaliq yaitu Allah SWT untuk minta kesembuhan dan pengampunan dosa, juga yang sering kesebut-sebut adalah "emak"-ku yang di kampung.

disadari apa tidak, dalam hati aku minta maaf ke emak karena telah sambat-sambat kepadanya untuk diberi kekuatan, biasanya jika sudah seperti ini pasti kesandung-sandung atau apalah.

Allhamdulillah selesai sholat magrib, aku telpon ke emak yang ada di madiun, kira-kira begini isinya:

Aku : Assalamualaikum mak, pripun kabare...

Emak : Allhamdulillah sae-sae pak haji, tadi pak haji telpon ya, pas aku angkat kok mati lagi

Aku : Injeh mak, tapi putus ngga tahu kenapa, gini mak, siang wau make kesandung-sandung mboten?...

Emak : iyo loh, mak'e mau dari pagi trus ke pabrik (dan sempet ditanya temen : kenapa kok sepertinya ngga semangat hari ini) trus sampai balik lagi ke rumah (dan nanya ke paman tentang kondisi perasaannya yang tidak enak), perasaan emak bruwet... perasaan ngga enak....

Aku : nyuwun ngapunten njih mak, wau siang kulo *sambat-sambat* ke emak karena weteng dan pinggang kulo sakit, mungkin asam lambunge sakit karena wau enjing minum kopi sebelum sarapan (terdengar suara isakan lirih tangisan emak sambil mendengarkan aku bercerita).

Emak : saiki pak haji sampun sehat to?... ora mengada-ada loh, tadi tuh perasaan emak ngga menentu, bruwet, tapi allhamdulillah sekarang sudah ketemu jawabannya... yang penting kamu sekarang sudah sehat. Klo ada apa-apa cerita ya, walaupun tempat kita jauh tapi emak bisa doain kamu.

Aku : injeh mak, insyaAllah, nyuwun pangapunten dan nyuwun pangestu.

Allhamdulillah bukan maksud membuat emaku sedih atau apalah, tapi biasanya klo aku sakit atau apalah yang kusebut-sebut hanya emak, emak dan emak. Maafin anakmu ini belum bisa membuat bahagia seutuhnya... doa dan restu emak untuk setiap langkahku. Amin.

Tidak ada komentar:

rencana Alloh itu Indah

sWeeT MeMorY...... "NostalGia SMA"