INTRODUCE
My name HARIANTO from East Java, Madiun city and Demangan Villages

Rabu, 23 April 2008

Oleh-oleh temen yang lihat vestifal di senayan

OLEH OLEH DARI GREEN FESTIVAL SENAYAN 18-20 APRIL 2008 Hal2 yg perlu kita ketahui :SAMPAH- Setiap harinya warga Jakarta menghasilkan sampah 6000 ton atau sekitar 860 ribu ton C02/ tahun.- Sampah yang dihasilkan oleh tiap warga Jakarta setiap harinya 3 liter atau setara dengan 64,8 kg CO2/tahun.- Jika seluruh sampah yang dihasilkan warga Jakarta dalam seminggu dikumpulkan, maka bisa memenuhi Stadion Utama Senayan.

MAKSIMALKAN PENGGUNAAN MATAHARI- Kalo bisa pakai cahaya matahari gratis, kenapa harus menyalakan lampu?Jangan biarkan tirai jendela menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalamruangan.- Tahukah kamu? Sekitar 40% penggunaan listrik di rumah, dipakai untuk penerangan atau lampu.

KENAPA HARUS HEMAT LISTRIK PADA PUKUL 17.00-22.00 wib?Jika 10 juta pelanggan di Jawa-Bali mampu menghemat listrik sebesar 50 watt selama pukul 17.00-22.00 wib maka keuntungannya :Energi listrik yang berhasil dihemat sebesar 2.500MWh/hariBiaya yang bisa dihemat negara sebesar Rp. 5,25 milyar/hari.Emisi CO2 yang dihasilkan bisa diturunkan. Pada jam tersebut penggunaan listrik Jawa-Bali hampir mencapai 15.000 MW, sementara kapasitas pembangkit Jawa-Bali hanya 15.000 MW.

KERUGIAN YANG TIDAK DISADARI..Pada kondisi stand by, alat elektronik masih mengalirkan listrik sebesar 5 watt.Membiarkan TV, computer, tape dan DVD player berada pada kondisi standby selama 8 jam/ hari berarti kita :Melakukan PEMBOROSAN listrik sebesar 160 watt jam/hariMembuang uang sebesar Rp. 35.000/ tahunMemboroskan emisi sebesar 43 kg CO2/tahunPrinter yang sedang tidak digunakan namun kabelnya selalu terpasang akanmenghasilkan emisi sebesar 21 kg CO2 atau Rp. 17.000/tahun.MONITOR KOMPUTER. Monitor computer jenis LCD ternyata lebih hemat dibandingkan jenis CRT. Monitor jenis LCD hanya memerlukan listrik sebesar 40 watt, sementara CRT 120 watt. Saat standby monitor LCD 5 watt, sedangkan monitor CRT 20 watt

TIPS MENGHEMAT LISTRIK PADA KULKAS- Periksa karet pintu kulkas dengan cara menyelipkan kertas pada pintu kulkas saat menutup kulkas, jika kertas meluncur jatuh, itu artinya kulkas tidak dapat menutup rapat. Ganti karet tersebut agar kulkas tetap dingin.- Hindari memasukan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas, karena akan membuat kulkas bekerja lebih berat.- Isi kulkas dengan barang secukupnya agar tetap dingin.- Pilih kulkas yang melakukan defrost secara otomatis, karena lebih hemat energi- Pilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan anda, semakin besar ukuran kulkas semakin besar watt yang dibutuhkan.

LEBIH UNTUNG MANA PAKAI LAMPU BOHLAM ATAU LAMPU HEMAT ENERGI (CFL) Unit Lampu bohlam CFLDayaWatt4011Harga Rp.500025000 MasaPakaiJam750 jam10.000 jamPengeluaran bulananPemakaian harianJam/hari1010Biaya Listrik/KwhRp. /Kwh560560Total Biaya listrik/bulanRp. /Bulan6.7201. 848Pengeluaran 1 tahunBiaya listrikRp./tahun80. 54022.175Biaya investasi lampuRp./tahun24. 00025.000Total biaya listrik/tahun 104.64047.176

TIPS MEMILIH AC- Pilih kapasitas AC yang tepat , dengan acuan kapasitas berkisar setara 600BTU/jam/m2- Pilihlah AC dengan Freon yang ramah lingkungan seperti Freon hydrocarbon- Pilihlah AC dengan kemampuan mendinginkan yang paling tinggi namun dengan energi yang paling sedikit.

TIPS MENGHEMAT KERTAS DIKANTOR- Hindari mencetak dokumen yang tidak penting - Gunakan kertas bolak balik, tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas 50%- Kumpulkan kertas yang satu sisinya sudah masih kosong. Pakai ulang kertas tersebut untuk mencetak dokumen atau buku catatan. - Kumpulkan kertas bekas yang telah digunakan kedua sisinya serta sampah kertas lainnya, untuk didaur ulang.

KALAU SETENGAH WARGA JAKARTA MENGISTIRAHATKAN MOBILNYA- Terbebas dari kemacetan, karena jumlah kendaraan bermotor pribadi di jalanan berkurang.- Hemat BBM- Terbebas polusi udara, karena berkurangnya zat pencemar udara.- Ruang terbuka hijau semakin luas karena kebutuhan akan lahan parkir berkurang.MENCUCI TANGANSehabis membilas jangan lupa kembalikan tuasnya ke posisi semula agar tidak ada air yang terbuang.

PRODUK IMPORT- Produk import menghasilkan emisi CO2 dalam proses pengirimannya, semakin banyak membeli makanan import, maka semakin besar kontribusi emisi CO2- Menggunakan produk dalam negeri berarti turut mencegah pemanasan global.

MINUM AIR- Usahakan untuk menghabiskan air minum di gelas/botol- Hindari membuang air minum yang tersisa di gelas/botol. Gunakan untuk menyiram tanaman, mencuci tangan dsb.

PENGGUNAAN TISSIU- Aneka jenis tisu diproduksi dari serat kayu dan tidak dapat didaur ulang- Gunakan lap/serbet yang bisa dipakai berulangkali untuk lap piring, serbet makan, dan lap meja dll.

KENAPA HARUS HEMAT MINYAK GORENG..?Minyak goreng dibuat dari kelapa sawit, sementara kegiatan perkebutan kelapa sawit telah mengubah wajah hutan alam Indonesia.Areal kawasan hutan Indonesia yang telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit (1982-1999) seluas 4,1 juta hektar, sementara permintaan kelapa sawit meningkatdari 21,8 juta ton (tahun 2000) menjadi 40,5 juta ton sebelum tahun 2020.Bagian hutan yang diubah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit adalah lahan gambut, sementara hutan gambut menyerap emisi karbon lebih besar dibanding hutan pada umumnya.

TEH CELUP-Kantung teh celup terbuat dari bahan yang sulit hancur, PILIHLAH TEH BUBUK BUKAN TEH CELUP.

EFEK RUMAH KACA-Panas matahari menembus lewat atmosfer.Sebagian panas matahari diserap oleh bumi dan memanasinya. Panas matahari sebagian dipantulkan kembali, panas matahari sebagian dipantulkan kembali oleh atmosfer dari bumi. Sebagian panas yang dipantulkan bumi diserap oleh gas-gas di atmosfer sehingga menahan panas keluar dari atmosfer.

Tidak ada komentar:

rencana Alloh itu Indah

sWeeT MeMorY...... "NostalGia SMA"