INTRODUCE
My name HARIANTO from East Java, Madiun city and Demangan Villages

Selasa, 17 Maret 2009

Yoghurt Legendaris Asli Bandung


Minuman yang asam-asam segar ini sudah sangat legendaris di kota kembang. Beraneka yoghurt buah-buahan hingga yoghurt dengan rasa yang unik seperti ketan hitam bisa dipesan loh! Kentang dan sosis goreng pun jadi camilan yang enak dikala sore. Mau coba?

Kalau bertandang ke kota kembang, minuman hasil fermentasi susu dengan kultur bakteri ini pastinya tak pernah terlewatkan oleh saya. Selain rasanya yang asam-asam segar, pastinya karena khasiatnya yang memang sudah diakui dapat membantu menjaga kesehatan. Sudah lama saya tidak menikmati kesegarannya.

Kebetulan sekali saat saya mengunjungi seorang sahabat di kawasan Kota Wisata, saya melihat bangunan cantik berwarna peach berkanopi merah dengan aksen Belanda yang kental. Diatasnya bertuliskan 'Yoghurt Cisangkuy Bandung', tanpa pikir panjang lagi saya langsung mampir ke tempat ini.

Awalnya sih saya agak ragu, mungkin saja ini hanya sebuah nama yang kebetulan sama. Sedangkan kualitas yoghurtnya berbeda. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Saya memilih untuk duduk di teras cafe ini sambil menikmati udara sore yang sejuk.

Seorang pelayan segera menghampiri untuk memberikan daftar menu. Saat saya lihat daftar menunya, semua menu yang di sini sama dengan Yoghurt Cisangkuy yang ada di Bandung tidak ada yang berbeda sedikitpun.

Saya pun lantas memesan yoghurt lechy favorit, yoghurt ketan hitam yang menarik perhatian saya pun tak terelakkan untuk saya pesan. Sedangkan salah seorang teman saya memilih yoghurt coklat. Menikmati segelas yoghurt tak lengkap rasanya kalau tak ada aduannya.

Seporsi roti bakar keju coklat menjadi pilihan saya, teman saya yang ingin mengenang masa lalu dengan memilih kentang dan sosis goreng. Sambil menunggu pesanan saya disajikan, saya asyik menikamti suasana nyaman yang dihadirkan di tempat ini. Bangunannya memang tidak kuno seperti di Bandung, tapi cukup unik. Selain itu penataannya yang cantik bisa bikin pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Yoghurt yang ditunggu-tunggu pun datang, dihadirkan dalam gelas bening setinggi 15 cm, ini sama dengan cara penyajian yoghurt Cisangkuy tempat asalnya. Saya semakin penasaran dan segera mencicipinya. Hmmm.. benar saja, rasanya persis dengan rasa yoghurt Cisangkuy aslinya.

O ya, yang unik di tempat ini adalah yoghurt yang disajikan terbagi dalam tiga jenis. Juice; buah dan yoghurt dicampur dan dihancurkan bersama, non juice; buah dan yoghurt hanya dicampur tapi tidak dihancurkan, special juice; buah dan yoghurt dicampur dan dihancurkan bersamaan plus diberi potongan buah segar yang menyertainya. Yoghurt Lechy saya pesan yang spesial juice, sedangkan dua jenis yoghurt lainnya non juice.

Rasa yoghurtnya asam-asam segar, dan yang pasti tidak bikin eneg karena ada cincangan buah yang menyertainya. Yoghurt coklatpun cukup lezat, campuran coklat yang bikin rasanya jadi berbeda. Berbeda dengan dua jenis yoghurt tadi, yoghurt ketan hitam jusru sangat unik.

Saya tidak dapat membayangkan bagaimana rasanya, tapi setelah dicoba wow.. rasanya cukup unik! Asam segar dengan semburat manis dari si ketan hitam. Roti bakar coklat keju beriosi setangkup roti yang di bakar tidak terlalu kering dengan menggunakan margarin. Dugaan saya roti ini dibakar dengan menggunakan penggorengan anti lengket, jadi tidak crispy.

Kentang dan sosis goreng di sini idak pernah berubah sejak dulu. Tidak menggunakan kentang siap masak yang banyak dijual di pasar swalayan, tapi menggunakan kentang biasa. Selain itu juga sebagai aduannya tidak menggunakan saus sambal ataupun saus tomat, melainkan saus barbeque.

Yoghurt Cisangkuy ini telah hadir jauh sebelum saya lahir, sekitar tahun 1969. Dari dulu yoghurt Cisangkuy selalu memaki yoghurt tawar putih dengan campuran aneka buah dan rasa. Tidak memakai perasa atau tambahan aroma sehingga rasa yoghurtnya sangat kuat alam.

Bagi warga Jakarta yang ingin melepaskan rindu dengan yoghurt Cisangkuy kini tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Karena yoghhurt Cisangkuy telah hadir di Kota Wisata Cibubur, dengan varian rasa dan harga yang sama dengan aslinya.

Segelas Yoghurt Lechy Special Juice deihargai sebesar Rp 10.500,00, yoghurt coklat Rp 9.000,00, dan yoghurt ketan hitam Rp 10.000,00. Untuk roti bakar coklat keju dihargai sebesar Rp 9.500 dan Kentang sosis dibandrol sebesar Rp 17.000,00. Cukup murah bukan? Eka Septia - detikFood

Yoghurt Cisangkuy Bandung
Ruko Paris Blok H, Kota Wisata
Cibubur
Harga Mulai Rp 8.000,00

Tidak ada komentar:

rencana Alloh itu Indah

sWeeT MeMorY...... "NostalGia SMA"